Subscribe Us

header ads

Tidak Ada Zakat Pada Barang Yang Dibawah Dari Lima Wasq. Bagian 02

Bab : Tidak Ada Zakat Pada Barang Yang Dibawah Dari Lima Wasq. Bagian 02

Hadist kedua

و حَدَّثَنِي أَبُو كَامِلٍ فُضَيْلُ بْنُ حُسَيْنٍ الْجَحْدَرِيُّ حَدَّثَنَا بِشْرٌ يَعْنِي ابْنَ مُفَضَّلٍ حَدَّثَنَا عُمَارَةُ بْنُ غَزِيَّةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُمَارَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ يَقُولُا
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ

Dan telah menceritakan kepadaku Abu Kamil Fudlail bin Husain Al Jahdari Telah menceritakan kepada kami Bisyr yakni Ibnu Mufadldlal Telah menceritakan kepada kami Umarah bin Ghaziyyyah dari Yahya bin Umarah ia berkata, saya mendengar Abu Sa'id Al Khudri berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak wajib dizakati binatang ternak yang kurang dari lima ekor, dan emas perak yang kurang dari lima uqiyah (lima uqiyah sama dengan dua ratus dirham)."

Hadist ketiga

و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالُوا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُمَارَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسَاقٍ مِنْ تَمْرٍ وَلَا حَبٍّ صَدَقَةٌ

Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Amru An Naqid dan Zuhair bin Harb mereka berkata, Telah menceritakan kepada kami Waki' dari Sufyan dari Isma'il bin Umayyah dari Muhammad bin Yahya bin Habban dari Yahya bin Umarah dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak wajib dizakati kurma dan biji-bijian yang kurang dari lima wasq."

Jadi, wasq dipakai pada buah-buahan atau tanaman.

Hadist keempat

و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ يَعْنِي ابْنَ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُمَارَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ فِي حَبٍّ وَلَا تَمْرٍ صَدَقَةٌ حَتَّى يَبْلُغَ خَمْسَةَ أَوْسُقٍ وَلَا فِيمَا دُونَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ وَلَا فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ

Dan telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur telah mengabarkan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Isma'il bin Umayyah dari Muhammad bin Yahya bin Hayyan dari Yahya bin Umarah dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak wajib dizakati biji-bijian dan kurma yang tidak cukup lima Wasq; dan tidak wajib dizakati pula binatang ternak yang kurang dari lima ekor; dan tidak wajib pula dizakati perak yang kurang dari lima uqiyah."

Hadist kelima

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ وَهَارُونُ بْنُ سَعِيدٍ الْأَيْلِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عِيَاضُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ مِنْ الْوَرِقِ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ ذَوْدٍ مِنْ الْإِبِلِ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ مِنْ التَّمْرِ صَدَقَةٌ

Telah menceritakan kepada kami Harun bin Ma'ruf dan Harun bin Sa'id Al Aili ia berkata, Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Iyadl bin Abdullah dari Abu Zubair dari Jabir bin Abdullah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Tidak wajib dizakati perak yang kurang dari lima Uqiyah, tidak pula unta yang kurang dari lima ekor, dan tidak pula kurma yang kurang dari lima wasq."


Faedah hadist :

Ada 5 jenis barang :
1. Dirham dan dinar
2. Binatang ternak. Tidak ada zakat dari 5 onta
3. Tanaman. Tidak ada zakat pada kurma dibawah dari 5 wasq

Wasq disebutkan imam Nawawi adalah
60 sha'. 1 sha' ditetapkan oleh ulama saudi 2,6kg.

خَمْسِ ذَوْدٍ

Maknanya adalah 5 dari onta. Hanya saja onta dikeluarkan jika berjumlah 5 ekor

Sepakat ahli hadist, bahwasanya sauqiyah syariiyah itu  1 sauqiyah 40dirham. 1 sayqiyah 20 mistqal. Nishob dirham adalah 200 dirham.

Apakah kalau seandainya nilainya kurang sedikit tetap dikeluarkan?

Menurut madzhab Syafi'i ada 2 pendapat :

1. Kalau seandainya kurang sedikit tetap dikeluarkan.
Kalau seandainya kurang dari jumlah tadi walaupun sedikit maka tidak wajib dikeluarkan.

Wajibnya zakat pada batas-batas yang telah ditentukan.

2. Tidak ada zakat kalau seandainya ia kurang dari nilai diatas.

Tidak ada perbedaan pandangan ulama tentang 2 kesimpulan diatas. Itulah yang dikatakan Abu Hanifa dan sebagian salaf. Bahwasanya wajib mengeluarkan zakat pada biji-bijian baik sedikit ataupun banyak.

Sepakat ulama pada 20 mistqal terdapat zakat. Hanya saja diriwayatkan oleh Hasan Al Basri bahwasanya tidak wajib zakat emas dibawah 40 mistqal. Akan tetapi pendapat yang tersohor dari mereka adalah wajibnya jika sudah sampai 20 dinar.

Iyadh mengatakan :

Wajibnya zakat pada emas jika nilainya sampai ke nilai 200 dirham.

Ulama sepakat bahwasanya biji-bijian yang jumlahnya melebihi 5 wasq 

Terjadi perbedaan pendapat pandangan antara dinar dan dirham.

Imam malik, syafii, abu yusuf dan muhammad (murid abu hanifa) mengatakan sesungguhnya pada kelebihan emas dan perak terdapat 2,5% baik sedikit maupun banyak

Sepakat ulama mengatakan bahwa disyaratkannya haul (1tahun) pada zakat hewan, emas dan perak, tidak ada pada yang sepersepuluh tanaman.

Imam malik mengatakan :

Menggabungkan emas dengan perak satu sama lainnya didalam mencukupkan nishob.

Cara menggabungkannya adalah
- imam malik menilai berdasarkan timbangannya bukan pada nilainya
- Abu Daud dan Syafi'i memandang tidak menggabungkan

Ulama mengatakan bahwa yang dinamakan miskin adalah tidak memiliki persediaan hidup dalam satu tahun

Wallahu'alam

[Oleh : Buya M. Elvi Syam  | Kitab Shahih Muslim | Masjid Al Hakim, Kota Padang]

Posting Komentar

0 Komentar