Hadist kedua
Telah mengabarkan kepadaku Abu Salamah bahwa ia pernah bertanya kepada Aisyah mengenai dua sujud yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sesudah shalat Ashar, maka ia menjawab; "Dulu beliau melakukannya sebelum Ashar, kemudian beliau tersibukkan darinya atau lupa, sehingga beliau melaksanakannya sesudah shalat Ashar kemudian beliau selalu menunaikannya. Dan biasanya, bila beliau melaksanakan suatu shalat, maka beliau menekuninya." Yahya bin Ayyub berkata; Isma'il berkata, "Yakni beliau selalu menunaikannya."
Hadist ketiga
Dari Aisyah ia berkata; Menurutku, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sama sekali tidak pernah meninggalkan dua raka'at sesudah Ashar."
Hadist keempat
Dari Aisyah ia berkata; "Ada dua shalat yang sama sekali tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di rumahku, baik secara sembunyi maupun terang-terangan, yaitu dua raka'at sebelum subuh dan dua raka'at sesudah asar."
Hadist kelima
Dari Aisyah bahwa ia berkata, "Tidak ada satu hari pun dari hari-hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang beliau habiskan di tempatku, kecuali beliau menunaikan dua raka'at itu, yakni dua raka'at sesudah asar."
Imam nawawi mengatakan dimana Abu Salamah beratnya kepada Aisyah ttg 2 rakaat yg dikerjakan nabi setelah ashar lalu Aisyah mengerjakannya sebelum ashar kemudian sibuk darinya/lupa lalu mengerjakan setelah ashar, hadist ini dzhahirnya maksudnya 2 rakaat itu adalah 2 rakaat dimana sunnah ashar sebelum shalat ashar.
Dalam riwayat An nasa'i, rasulullah bersabda :
Allah merahmati seseorang yang dia mengerjakan seseorang shalat 4 rakaat sebelum ashar.
Sebaiknya shalat yg dikerjakan nabi sebelum ashar itu ditafsirkan kepada shalat sunnah dzhuhur (ba'da dzhuhur). Sebagaimana dalam hadist Abu Salamah.
Alhasil, kita mendapat pelajaran pada hadist ini :
1. Bolehnya mengqodho shalat sunnah pada waktu-waktu yang dilarang.
2. Nabi apabila mengerjakan sebuah amalan beliau teguh dan konsisten untuk mengerjakankannya karna itu amalan yang dicintai oleh Allah.
3. Shalat yang dikerjakan nabi setelah shalat ashar itu adalah shalat sunnah ba'diyah dzhuhur yang belum terlaksanakan karna kesibukan nabi.
Dengan demikian kita boleh mencontoh apa yang dilakukan nabi ketika kita lupa mengerjakan shalat ba'da dzhuhur
Wallahu'alam
[Oleh : Buya M. Elvi Syam | Kitab Shahih Muslim | 18 Jumadil Awwal 1441 H | Masjid Al Hakim, Kota Padang]
0 Komentar
Tinggalkan balasan